JENIS JENIS KELINCI POPULER UNTUK DI PELIHARA

Apa yang anda ketahui tentang kelinci kepala singa ? - Hewan Peliharaan -  Dictio Community

jenis jenis kelinci populer untuk di pelihara

kelinci adalah mamalia yang lucu danmemiliki bulu tebal dan lembut di sekujur tubuhnya,kelinci memiliki jenis yang sangat beragam mulai dari yang lokal sampai yang berasal dari luar negeri,kelinci juga memiliki beberapa macam jenis sebegai berikut:
1.jenis kelinci anggora

kelinci ini memiliki banyak manfaat,terutama pada bulunya.biasanya kelinci anggora di jadikan sebagai hewan peliharaan dan di negara eropa bulu kelinci ini di jadikan bahan untuk membuat wool

2.jenis kelinci rex

kelinci ini termasuk kelinci flemish,dan jenis kelinci ini berasal dari argentina dan kelinci ini di argentina di budidayakan untuk di ambil daging nya dan bulu nya maka dari itu kelinci ini bulu nya di jadikan menjadi bahan baku untuk membuat jaket|

3.jenis kelinci himalaya

kelinci ini termasuk kelinci yang cukup terkenal karena memiliki warna warna yang unik pada bagian hidung dan warna yang putih,kelinci jika melahirkan bayi hanya 2 sampai 6 ekor saja dan memiliki harga yang mahal

4.jenis kelinci dutch

kelinci ini berasal dari negara belanda, ciri ciri dari kelinci ini adalah bulunya pendek dan cukup menarik karena memiliki barbagai variasi,kelinci ini di budidayakan karena kelinci ini sanggup melahirkan hingga 6-8 ekor

5.jenis kelinci lop

kelinci ini memiliki telinga yang tegak dan kelinci ini mempunyai bentuk telinga yang menggantung dari bagian atas sampai ke pipi sehingga menyerupai dengan telinga anjing,kelinci ini jika semakin besar dan tua maka harga kelinci ini akan semakin tinggi harga kelinci ini dan bisa mencapai 4 juta rupiah

6.jenis kelinci satin

kelinci ini biasa di jadikan peliharaan namun kelinci ini juga di jadikan untuk di konsumsi,kelinci ini pu cukup unik diliat dan kelinci memiliki sifat yang cukup jinak dan sangat penurut dan karena itu kelinci ini banyak di jadikan peliharaan yang cukup menarik dan banyak disukain oleh banyak orang.

7.kelinci polish

kelinci ini banyak di katakan adalah kelinci yang paling lama karena kelinci ini dari negara belanda dan ini ditemukan pada tahun 1884, kelinci ini mampu hidup sampai dengan 7 tahun bahkan bisa lebih lama dan memiliki ciri ciri telinga pendek,mata yang sangat tajam dan berwana merah dan bulu nya juga sangat halus.

JENIS-JENIS IKAN LAUT YANG SERING DIKONSUMSI

 

jenis-jenis ikan laut yang dikonsumsi masyarakat
ikan secara umumnya dan ikan laut merupakan bahan pangan kaya akan senyawa yodium. Zat yang diperlukan tubuh untuk bisa membentuk hormon tiroksin, kandungan yodium yang terkandung didalam ikan bisa mencapai 83 mikrogram sementara daging hanya mengandung sekitar 5 mikrogram. Dengam mengonsumsi ikan laut yang tinggi akan kandungan nutrisinya yang dapat mencegah terjadinya penyakit gangguan kesehatan akibat kekurangan konsumsi yodium, sementara untuk kandungan lemak pada ikan sebesar 70% terdiri dari asam lemak tak jenuh sedangkan untuk daging hanya sebgaian besar saja yang terdiri dari asam lemak jenuh.

Ikan adalah salah satu bahan makananyang sangat absorpsi proteinnya lebih tinggi jika dibandingkan denga produk hewani lain nya seperti daging ayam dan daging sapi. Daging ikan memiliki serat-serat protein yang lebih pendek daripada serat pada protein daging sapi atau ayam, daging ikan kaya akan mineral seperti phospor kalsium yang diperlukan dalam pembentukan tulang serta zat besi yang diperlukan untuk membantu pembentukan haemoglobin darah.

Selain itu daging ikan juga merupakan sumber alami asam lemak omega 3 yaitu Eicosa pentaenoic acid dan dacosa hexaenoic acid yang mempunyai fungsi untuk mencegah arterosklerosis. Dimana keduanya bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam hati dan jantung.

Inilah beberapa jenis ikan laut yang populer dikalangan masyarakat indonesia:
1. ikan kakap
ikan ini merupakan jenis ikan laut pertama yang cukup sering di konsumsi oleh masyarakat. Ikan kakap ini hidup diperairan pantai, air payau, muara sungai, teluk-teluk. ukuran ikan satu ini bisa mencapai 200cm, namun umunya 26-100 cm dimana ikan ini termasuk ikan dasar dan ikan buas, ikan ini hanya memakan ikan-ikan kecil dan krustasea, cara penangkapan ikan kakap ialah dengan cara memancing, sodo, jaring insang dan trawl. Daerah penyebaran terutama di pantai bagian utara jawa, kalimantan, sulsel, arafuru dan sepanjang pantai sumatera bagian timur.
2. ikan sardin
ikan laut ke-2 yang sering dikonsumsi masyarakat ini hidup diperairan pantai dan pemakan plankton, penangkapan ini biasanya dilakukan dengan purse seine.
3. ikan bandeng
ikan ini hidup diperairan air payau dan pantai, yang bisa mencapai panjang sekitar 90cm, ikan bandeng ini adalah ikan karnivor pemakan keustasea dan ikan kecil.
Itulah beberapa jenis ikan laut yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan masyarakat

6 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan & Diet

Beras merah adalah biji-bijian utuh yang mengandung kaya akan serat, vitamin dan nutrisi. Beras ini tergolong dalam sumber karbohidrat rendah kalori, tidak mengandung lemak trans dan bebas gluten.

Kalau dibandingkan dengan beras putih, kandungan serat yang ada pada beras merah ini jauh lebih banyak. Begitu juga dengan kalorinya yang lebih rendah. Hal ini yang membuat manfaat beras merah baik untuk diet.

Beras merah mempunyai tinggi nilai gizi dengan rendah kalori sehingga memberikan sangat banyak manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengatakan kalau serat yang ada pada beras merah bisa membantu dalam mencegah terjadinya gumpalan darah, dan menurunkan kolesterol.

1. Kekebalan Tubuh
Beras merah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi dengan kandungan vitamin esensial, senyawa fenolik dan mineral. Bahkan dalam sebuah penelitian 1 gelas beras dapat memenuhi hampir semua kebutuhan tubuh.

2. Mencegah Penyakit Kronis
Beras merah adalah sumber anti oksidan yang bisa mengurangi resiko kondisi kesehatan kronis seperti penyakit pernapasan, penyakit jantung koroner dan kardivaskuler.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol
Serat yang ada pada beras merah ini baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Apabila kamu mengkonsumsi beras ini, asupan kalori kamu juga akan di kelola dengan secara efisien. Hal ini dikarenakan kalori beras merah juga sangat rendah sehingga tidak membuat terjadinya penumpukkan lemak.

4. Menyehatkan Tulang
Manfaat beras merah ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Ini dikarenakan beras merah mengandung minera dan kalsium yang baik untuk tulang, bahkan juga bisa mencegah terkena osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

5. Menyehatkan Jantung
Mengkonsumsi beras merah untuk diet maka kalori yang masuk ke dalam tubuh juga harus berkurang. Disisi lain, manfaat penting untuk beras merah ternyata bisa menjadikan jantung lebih sehat. Ini dikarenakan kandungan senyawa dan serat yang dikenal dengan lignan. Kandungan ini juga daapat membantu dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

6. Membentuk Sel Darah Merah
Beras merah juga bisa membantu dalam pembentukan sel darah merah, metabolisme karbohidrat dan serotonin. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki kandungan vitamin B.

7 Makanan Enak dan Sehat Yang Terbuat Dari Kacang Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis polingan yang dapat dijadikan produk atau bahan makanan baru. Bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang kedelai memiliki kandungan anti oksidan isoflavon, vitamin B1, vitamin C, folat, zinc, magnesium, omega-3, omega-6 dan selenium.

Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui kalau kacang kedelai dapat dijadikan tempe. Tapi, sebenarnya banyak olahan kacang kedelai lainnya yang tak kalah enak dan bergizi.

1. Tauco


Tauco merupakan jenis bumbu pada makanan yang terbuat dari biji kacang kedelai yang direbus. Untuk cara pengolahannya hanya dengan dicampurkan dan dihaluskan bersama tepung terigu sampai berjamur. Proses pembuatan ini biasa disebut dengan fermentasi.

2. Tausi


Tausi adalah bumbu yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Tausi menggunakan kacang kedelai hitam, sehingga menjadikan warna dari bumbu tersebut hitam pekat.

3. Tahu


Sama halnya dengan tempe, bahan utamanya terbuat dari kacang kedelai. Makanan ini terbuat dari endapan biji kedelai yang menggumpal lalu terbentuklah tahu yang berwarna putih dan mempunyai tekstur empuk. Tahu dipercaya sebagai makanan yang enak dan bisa dijadikan berbagai menu masakan.

4. Miso


Miso merupakan salah satu bumbu untuk memasak berbagai jenis makanan. Bumbu ini berasal dari jepang. Hampir sama dengan tauco, tapi tekstur pada miso ini lembut seperti pasta.

5. Natto


Natto merupakan makanan tradisional khas jepang yang berasak dari kacang kedelai. Natto merupakan butiran kedelai yang lengket dan mempunyai aroma kuat. Makanan ini merupakan sumber protein nabati yang tinggi dan dapat dikonsumsi bersama dengan nasi.

6. Susu Kedelai


Beda dari susu lain yang berasal dari sapi. Susu ini berasal dari sari kedelai. Untuk kamu yang mempunyai alergi susu sapi, kamu dapat mengkonsumsi susu kedelai ini karena sama sama mempunyai tinggi gizi.

7. Gochujang


Bumbu khas korea ini terbuat dari kedelai, cabai merah dan tepung ketan yang kemudian memulai proses fermentasi. Biasanya, bumbu ini sebagai bahan masakan seperti bibimbap, sup dan yang lainnya.

7 Buah Yang Harus Dihindari Untuk Penderita Asam Lambung

Asam lambung merupakan penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada perut, diare dan sesak nafas. Kondisi seperti ini terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit ini dapat di alami oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk mencegah asam lambing agar tidak terlalu parah, kamu harus menjaga pola makan. Contohnya menghindari makanan yang bersifat asam dan pedas. Jika tidak dijaga, maka asam lambung akan naik kembali.

Salah satu jenis makanan yang wajib dihindari untuk penderita asam lambung adalah buah-buahan. Karena, tidak semua buah itu aman dikonsumsi penderita asam lambung. Buah ini bisa membuat gejala asam lambung naik dan semakin parah.

1. Jeruk Bali


Seseorang yang menderita asam lambung mungkin akan mengalami rasa mulas sesudah mengkonsumsi jeruk bali. Hal ini karena jeruk bali mempunyai sifat yang cukup asam.

2. Lemon


Walaupun lemon mempunyai rasa yang menyegarkan. Tapi buah ini harus dihindari oleh penderita asam lembung. Sifat asam pada buah lemon ini dapat memperburuk keadaan dan mengakibatkan gejala seperti nyeri pada bagian dada dan mulas.

3. Jeruk Nipis


Memiliki sifat asam yang ada pada jeruk nipis ini bisa membuat asam lambung semakin parah. Apalagi kondisi ini juga dikarenakan perut masih dalam keadaan kosong.

4. Tomat


Tomat mempunyai kandungan asam sitrat yang bisa mengakibatkan rasa mules dan semakin parah. Maka dari itu, tomat harus dihindari untuk penderita asam lembung. Bukan cuman itu saja, tapi makanan yang berbahan dasar tomat seperti saus.

5. Nanas


Nanas merupakan buah yang mempunyai rasa sedikit asam.Buah ini biasanya mempunyai pH sekitar 3-4. Yang dimana pH ini sangat asam dan tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

6. Jeruk Limau


Jeruk limau mempunyai sifat asam sitrat yang paling banyak dibandingkan buah lainnya. Dari sifat asam inilah, jeruk limau bisa menyebabkan kambuhnya gejala asam lambung.

7. Jeruk


Walaupun buah jeruk mempunyai vitamin C yang baik untuk tubuh. Tapi, buah jeruk bisa mengakibatkan naiknya asam lambung. Saat asam lambung naik, maka akan mengakibatkan rasa terbakar pada bagian dada.

Manfaat Dalam Mengkonsumsi Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Kacang panjang adalah sayuran yang biasa di konsumsi di Indonesia. Biasanya kacang panjang dihidangkan dalam bentuk rebus, tumis dan mentah sebagai lalapan. Kacang panjang juga cocok dikombinasikan dengan bahan makanan lain seperti tahu, tempe, ikan tongkol, telur dan ikan teri.

Dalam 100gram kacang panjang setara dengan 1 porsi memiliki kandungan 50gram kalori, 8gram karbohidrat, 4gram protein dan 3gram natrium. Kacang panjang juga bersifat anti bakteri, anti kanker, anti oksidan dan anti virus.

1. Tidur Lebih Nyenyak
Tidur yang tidak nyenyak karena adanya gangguan seperti cemas, hiperaktif dan gelisah biasanya dikarenakan adanya kurangnya magnesium pada tubuh. Magnesium yang diperlukan oleh otak agar lebih tenang dan tidur juga akan menjadi lebih nyenyak.

Kacang panjang dapat menjadi sumber magnesium dalam mengobati gangguan tidur secara ampuh. Tapi, jika tidak berefek juga maka kamu harus untuk segara konsultasi dengan dokter.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit
Kacang panjang mempunyai tinggi kandungan vitamin C. Vitamin C pada kacang panjang ini bisa membantu dalam mengurangi kerutan pada kulit, sehingga dapat memperlamba proses penuaan dini pada kulit dan melembabkan kulit. Untuk melengkapi penggunaan produk skincare, ada baiknya juga kamu mengkonsumsi makanan sehat seperti kacang panjang.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kacang panjang juga mengandung tiamin yang baik untuk proses sekresi asam klorida yang diperlukan untuk mencerna partikel makan dan penyerapan nutrisi, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anti oksidan yang terdapat pada kacang panjang juga dapat membentuk kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

4. Baik Bagi Wanita Hamil
Saat seseorang hamil, maka janin memperlukan asam folat yang bisa membantu dalam menurunkan resiko cacat tabung saraf anencephaly dan spina bifida. Tak hanya itu, kacang panjang juga bisa menghindari kemungkinan cacat lahir. Jadi, kacang panjang adalah salah satu sumber folat yang baik untuk dikonsumsi wanita hamil.

5. Menurunkan Resiko Terkena Rematik
Vitamin C yang terdapat pada kacang panjang ini juga baik dalam menurunkan resiko encok yang disebabkan oleh masalah persendian otot. Bukan rematik, kacang panjang juga baik dalam mengurangi resiko terkena asam urat. Sering mengkonsumsi kacang panjang juga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam menjaga kesehatan otot dan sendi.

Kuliner yang Wajib Dicoba Pada Saat Pandemi

Yuk jalan2 ke Thailand! Eh belum bisa ya? Kulineran aja dehh di rumah dgn bumbu masak autentik Thai dari maeploy indonesia.

Variannya ada 3, Tom Yum Paste, Red Curry Paste & Green Curry Paste. Ak masak Red Curry Pastenya nih. Aslii gurih banget & rasanya kayak Red Curry yg ak makan di Thailand. Cara masaknya bisa kalian cek sndri, gampang banget kan? Yuk cek Instagramnya maeployindonesia atau maeploy kitchen untuk explore makanan asli Thailand selengkapnya!

Korean Army Burger (Gunderia)

Belakangan ini ak lagi nonton drakor baru yg tentang Korean Army. Bukan Army yang itu guys, tapi tentara militer ya

Jadi penasaran deh, di sana tentara pada makan apa ya. Ternyata salah satu menu yg menurut mereka mevvah banget & bikin mereka happy adalan KOREAN ARMY BURGER (Gunderia) Unik banget loh rasanya, krn selain burger bun & beef patty, burger ini pake coleslaw & STRAWBERRY JAM! Iya guyss bener selai stroberi.

Di sini aku pake Mariza Strawberry Jam by marizafoods.id. Rasa selainya enak, berasa banget buah stroberinya. Manisnya juga balanced Kemasannya juga cantik dgn banyak pilihan spread & jam. Kalian bisa dapetin selai MarizaFoods ini di offline store (AEON, Hari-Hari, Gelael, Superindo, Foodhall, Carrefour & Farmers Market) dan online store (Lazada, Blibli, JDid, Bukalapak, Tokopedia & Shopee)

Bahan (untuk 4 burger):
-Mariza Strawberry Jam 4 sdm
-Daging sapi 500gr (dibagi 4)
-minyak 2 sdt
-Opsional: Mentega 1 sdm + 2 bawang putih geprek
-garam (secukupnya untuk patty)
-kol 200gr
-wortel 1
-garam 1/2 sdt untuk coleslaw
-mayones 4 sdm
-saus tomat 2 sdm
-ham 4 lembar
-keju slice 4 lembar
-Roti Burger 4 pasang
-Mentega 2 sdm untuk panggang roti
-Opsional: Susu Stroberi Korea 4 pack

Wajib cobaa dessert yg hits di Surabaya ini!! NICHI-NICHI BRULEE CAKE & COOKIE SANDWICH

Aslii ini enak bangeddd wajib cobaa, Brulee Cakenya tersedia dlm 4 rasa, Original, Chocolate, Pandan & Matcha. Cakenya superr lembut, trus ada topping cheese di atasnya yg generous & dibakar jadi gurihh Cookie Sandwichnya juga uenakk banget, mirip sm snack dr Jepang itu loh. Variannya Matcha & Cheese.

Emangnya aku ke Surabaya? Engga guys, ini semua dikirim k Jakarta. Aman loh sampe sini, trus kemasannya super cantik. Harganya juga oke bangett, beli makin banyak makin murah loh. Cocok ya utk hadiah? Mereka sebentar lagi akan buka outlet di Jakarta loh  So happy!

Tokopedia, shopee, paxel market, admin Nichi (bio IG)

Kuliner Terbaru yang Lezat dan Wajib Dicoba

Buat para penggemar masakan korea wajib cobain bumbu curry korea dari sangcheo official. untuk campuran nasi ataupun mie bisa, untuk marinasi daging maupun ayam juga bisa.

Daripada harus mahal-mahal makan di resto korea, stok aja bumbu kari sangcheo official hanya 25 ribu sebotol bisa untuk berkali-kali makan, karena beneran rasanya nagihin terus ngeresep ke ramen/dagingnya juga cepet. Hemattttt. Bisa dibeli di shoppee juga.

: SANGCHEO
Tokopedia: SANGCHEO OFFICIAL STORE (cashback up to 30rb)

THE PERFECT CUP FOR URBAN LIFE!

urbanlatteid sudah hadir di gancit gaesss, kamu harus langsung mampir yaaa! urbanlatte.id memberikan banyak promo yang menarik yaitu Buy 1 Get 1, Buy 2 Get 3 sampai Cashback up to 52%!

Tersedia promo juga kalau kamu order melalui go food jakarta! Don’t miss it yaaa!

Kamu harus cobain Bon Bon, Cloud 9 Latte dan Chocolate Royale-nya, rekomendasi banget!

Urban Latte
Gandaria City Lower Ground Island L-07, Jakarta Selatan

Merayakan Bulan Ramadhan dengan konsumsi makanan sehat

Horeeee sebentar lagi lebaran dan tinggal menghitung hari loh! Berikan parcel lebaran sederhana & murah meriah kepada sahabat dan kerabat terdekat.
Aku ada rekomendasi hampers berupa snack sehat dan enak nih buat teman maupun kluarga. Apalagi yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Produk-produk dari Jagapati ini kebanyakan makanan sehat seperti granola gais.. Jadi saran dari aku nih mari biasakan hidup sehat sejak dini dgn mengkonsumsi makanan sehat, olahraga, minum yg cukup dan tentunya istirahat yg cukup.

For order :
: jagapatidotcom
Tokopedia : jagapati
Shopee : jagapatidotcom
Bukalapak : jagapatidotcom

Indomie bohai ini harus di coba loh karena topping nya melimpah dengan tambahan bakso goreng, telor dan sambal matah. Kenikmatan yang luar biasa dan rasa nya super enak yang di jamin pengen lagi mampir ke bakso ayam geprek sewot

Jl. Danau Sunter Utara F20 no.4 jakut (sebelah RS Royal Progress)
+62 852 15665826
Go Food : bakso ayam geprek sewot
HALAL
10:00 – 22:00

Buat kalian pencinta pudding… wajib cobain nih coconut pudding ini.., karena rasanya enak… kenyal nya berasa , sehat dan pasti disukai nih ama kita semua…
Yukk cobain yukkk biar tambah sehat

Coconut Pudding
pupabyros
0897.952.8807
www.tokopedia.com/PUPABYROS

Presiden PSG: Transfer Messi Tak Melanggar Aturan Financial Fair Play

Keharidan Lionel Messi ke PSG diduga melanggar perturan Financial Fair Play, namun presiden PSG Nasser Al-Khelaifi pun membantah hal itu.

Lionel Messi tidak menjadi bergabung bersama klub Barcelona pada musim ini serta memilih untuk bergabung dengan PSG, Lionel Messi dihadirkan secara cuma cuma sesudah klub Barcelona gagal memperpanjang surat kontraknya sebab persoalan keuangan dan Salary Cap.

Lionel Messi dikontrak sampai 2023 dengan pilihan perpanjangan satu tahun, tidak tanggung-tanggung, untuk merekrut Lionel Messi, Paris Saint-Germain sampai rela menjadi Lionel Messi pemain dengan bayaran termahal, yakni tiga puluh lima juta euro/musim.

Itu masih belum termasuk dengan bonus-bonus yang akan diperoleh Lionel Messi kalau berhasil menyumbangkan gelar juara, jumlah dana dari tujuh puluh juta euro dikeluarkan oleh Paris Saint-Germain selama Lionel Messi tinggal di ibu kota.

Kehadiran Lionel Messi dikabarkan telah membuat taguhan gaji kepada Paris Saint-Germain membengkak serta dianggap telah menyalahi peraturan Financial Fair Play UEFA, karena, tagihan Paris Saint-Germain telah mencapai sembilan puluh lima persen dari jumlah pendapatannya.

Selain Lionel Messi, masih ada beberapa pemain baru Paris Sainta-Germain seperti Achraf Hakimi, Sergio Ramos, Gini Wijnaldum dan Gianluigi Donnarumma pun bergaji besar, apa lagi Paris Saint-Germain juga memiliki Neymar yang gajinya sebesar tiga puluh satu juta euro/tahun dan Kylian Mbappe.

Pembayaran gaji bisa meledak andaikan Kylian Mbappe masih melajut bergabung dengan Paris Saint-Germain, terkait kemungkinan PSG telah melanggar peraturan Financial Fair Play, Nasser Al-Khelaifi sudah memastikan semuanya masih di dalam koridor.

“Saya telah menanti pertanyaan ini, untuk kami, sesuai yang selalu kami ucapkan, kami selalu mengikuti peraturan Financial Fair Play sedari awal, kami juga selalu mau menajalani dengan baik,” kata Presiden Paris Saint-Germain yakni Nasser Al-Khelaifi seperti dilangsir Reuters.

“Kami selalu melihat semuanya barengan tim keungan dan komersial, kami juga tahu seberapa kemampuan klub untuk merekrut pemain baru, kalau tidak, maka tak mungkin merekrut Lionel Messi, apa yang bakal Lionel Messi berikan kepada klub begitu besar,” lanjutnya.

“Kami bakal memberikan laporan kepada kamu serta pasti bakal terkejut, aku harap Lionel Messi tak meminta naik gajinya, namun kami selalu mengikuti peraturan FFP.

Jadi PNS Pasti Amankah?

Banyak orang yang ingin jadi PNS. Katanya, PNS itu keuangannya aman. Kamu ga perlu lagi pusing mikirin uang pensiun atau dipecat dari kerjaan. Tapi, emang bener kayak gitu?

Belum tentu. Pasalnya, meskipun tidak perlu khawatir soal keberlanjutan gaji dan pemecatan, belum tentu penghasilan yang didapatkan bisa mencukupi kebutuhan sehari – hari karena tidak semua orang punya pengelolaan keuangan yang baik.

Kenaikan penghasilan saat menjadi PNS bisa dibilang relatif lebih lama dibandingkan dengan swasta. Kamu harus menunggu kenaikan golongan dulu. Kalau di swasta, kalau kinerja kerjaan kamu bagus, bisa saja kamu langsung naik dalam hitungan bulan. Kalau tidak naik? Kamu masih memiliki opsi untuk pindah ke perusahaan lain.

Intinya, gaji kamu bisa lebih cepat naik kalau kerja di swasta dan memiliki kinerja yang bagus. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk PNS cepat naik penghasilan. Entah itu karena dengan cara kerja keras buat naik jabatan, ataupun punya usaha sampingan, atau “usaha sampingan”. Jadi, milih PNS atau karyawan swasta itu kembali lagi ke pilihan masing – masing. Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan serta pro dan kontra.

Tips keamanan finansial untuk karyawan swasta :
  • Meskipun sudah ada BPJS ketenagakerjaan, tetap bikin tabungan tambahan untuk dana pensiun.
  • Wajib punya dana darurat untuk 6 – 12 kali pengeluaran bulanan. Dana darurat adalah hal pertama yang diperlukan sebelum memiliki dana pensiun atau tabungan lain.
  • Mulai investasi dan belajar dari orang yang berpengalaman.
  • Belajar bisnis sampingan dan mulai dari sedini mungkin.
Tips biar uang dan karier berkembang untuk PNS (Di jalan yang lurus) :
  • Asah terus kompetensi supaya bisa naik ke jabatan tertinggi (dan naikin penghasilan tentunya).
  • Lanjut sekolah lagi untuk menambah pengetahuan.
  • Mengikuti berbagai macam program pendidikan dan pelatihan.
  • Membuka bisnis sampingan.

Diantara pilihan menjadi karyawan swasta atau PNS adalah dari diri masing – masing. Untuk mengelola uang pun tidak bergantung dengan profesi yang dimiliki, tetapi kemampuan pengelolaan uang yang baik. Gimana? Kamu leih milih jadi PNS atau karyawan swasta nih?