Ginkgo Biloba, Tanaman Abadi Yang Bisa Hidup Lebih Dari 1000 Tahun

Ginkgo Biloba, Tanaman Abadi Yang Bisa Hidup Lebih Dari 1000 Tahun

Istilah kata “abadi” umumnya merujuk kepada suatu makhluk hidup yang tak akan pernah mati. Jika umumnya kita mengetahui semua makhluk hidup pasti akan mengalami yang namanya kematian, Namun ternyata ada beberapa jenis pohon yang dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama loh!

Beberapa diantaranya bahkan diketahui dapat hidup hingga lebih dari ribuan tahun atau diklaim tidak akan mati alias abadi, Contohnya Pohon Ginkgo Biloba. Nah, Berikut ini kami ulas beberapa fakta menarik pohon abadi Ginkgo Biloba sebagai berikut.

Alasan Disebut Pohon Abadi

Berdasarkan jurnal Prosiding National Academy of Sciences (PNAS), Para peneliti berhasil mendapatkan spesies tumbuhan yang tidak pernah berhenti bertumbuh sehingga diklaim dapat hidup hingga ribuan tahun lamanya, Tanaman tersebut adalah Ginkgo Biloba.

Selain itu, Penelitian yang dilakukan oleh Richard Dixon dan Jinxing Lin terhadap pohon ginkgo mendapatkan kesimpulan jika tanaman ini memang telah dipersiapkan oleh alam agar dapat hidup dalam keabadian.

Memproduksi Bahan Kimia Pelindung Super

Sebagaimana kita ketahui, Pohon-pohon yang sudah hidup dalam waktu yang lama akan menua seiring berjalannya waktu. Proses penuaan ini tentu akan membuat tanaman mulai rentan terkena penyakit dan mengalami kekeringan hingga akhirnya mati.

Namun ternyata hal ini tidak terjadi dengan pohon ginkgo yang malah terus menghasilkan bahan kimia pelindung super yang dapat melindungi mereka dari penyakit dan kekeringan. Kemampuan inilah yang membuat pohon ginkgo dapat hidup hingga ribuan tahun hingga mendapatkan sebutan sebagai pohon abadi.

Tanaman Asli Dari Dataran Tiongkok

Pohon ginkgo merupakan tanaman asli dari dataran Tiongkok dan memiliki ciri khas seperti daun berbentuk kipas dan warna daunnya yang berubah menjadi kuning ketika musim gugur tiba.

Karena merupakan tanaman asli dari dataran Tiongkok, Para peneliti juga lebih memilih untuk melakukan penelitian langsung di daerah asal pohon ginkgo. Penelitian dilakukan di provinsi Jiangsu dan Hubei dimana usia pohon yang diteliti berkisar dari 15 tahun hingga 667 tahun loh!

Bukan Pohon Tertua Di Dunia

Meskipun diperkirakan dapat hidup hingga ribuan tahun dan terus menghasilkan zat kimia untuk melindungi diri dari penyakit dan kekeringan, Faktanya pohon ginkgo bukanlah tanaman tertua di dunia.

Pohon ginkgo tertua yang hidup saat ini diperkirakan hanya memiliki usia sekitar 3 ribuan tahun. Meski sudah sangat tua, Namun pohon pinus bristlecone yang terdapat di Pegunungan Putih California masih lebih tua dari pohon ginkgo dengan usia sekitar 5 ribuan tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *