Inovasi-inovasi Ini Jadi Bukti Dunia Futuristik Sudah Di Depan Mata

Inovasi-inovasi Ini Jadi Bukti Dunia Futuristik Sudah Di Depan Mata

Dunia futuristik seperti yang diperlihatkan pada film-film fiksi Hollywood mungkin terlihat tidak mungkin bisa terjadi di dunia nyata.

Meski demikian, Faktanya jaman dan teknologi yang terus berkembang hingga saat ini menunjukkan dunia futuristik sudah berada di depan mata, Contohnya teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berkembang pesat dan semakin banyak digunakan.

Bahkan hampir setiap hari hanya sekali penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk menemukan inovasi baru yang diharapkan bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia di masa depan.

Nah, Beberapa inovasi berikut ini seakan mengatakan kepada kita jika dunia futuristik bukan lagi hayalan belaka melainkan sudah ada di depan mata.

Dokter Robot

Dokter Robot

Perkembangan dunia robotik dan Artificial Intelligence (AI) terus berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Tak hanya hanya dimanfaatkan untuk dunia industri, Kini teknologi robotik dan AI telah merambat ke dunia kesehatan.

British National Health Service (NHS) diketahui telah menggunakan teknologi robotik dalam mendiagnosis penyakit pasien. Bahkan hasil diagnosis dokter robot ini tergolong sangat akurat melebihi diagnosis yang dilakukan oleh dokter manusia.

Mengubah Sinyal Otak Menjadi Suara

Inovasi-inovasi Ini Jadi Bukti Dunia Futuristik Sudah Di Depan Mata

Membaca pikiran tentu merupakan kemampuan yang sangat luar biasa dan sudah sering kita lihat pada film-film fiksi di bioskop. Kemampuan seperti itu tentu sangat mustahil dilakukan bagi para ilmuwan mengingat tidak ada yang bisa membuktikannya secara ilmiah.

Akan tetapi teknologi tersebut ternyata telah berhasil dikembangkan oleh ilmuwan neuron dari Universitas Kolombia. Para ilmuwan tersebut berhasil membangun sebuah sistem yang dapat mengubah sinyal otak menjadi sinyal suara yang terdengar sangat jelas dan hasilnya juga cukup akurat.

Robot Yang Memahami Perintah

Inovasi-inovasi Ini Jadi Bukti Dunia Futuristik Sudah Di Depan Mata

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Perkembangan dunia robotik semakin canggih dari hari ke-hari. Akan tetapi permasalahannya adalah, Robot-robot yang berhasil diciptakan oleh manusia saat ini tidak memiliki kemampuan memahami perintah yang diucapkan oleh manusia.

Meski demikian, Ternyata teknologi tersebut sudah dikembangkan dan bahkan militer Amerika telah membuat sebuah program yang akan membuat robot bisa memahami setiap perintah suara dan bisa mengetahui kesalahannya agar tidak diulangi lagi di masa depan.

Membangkitkan Yang Telah Mati

Inovasi-inovasi Ini Jadi Bukti Dunia Futuristik Sudah Di Depan Mata

Salah satu kemampuan yang sangat luar biasa dari film-film fiksi adalah adanya teknologi untuk membangkitkan yang telah mati. Tentu banyak orang yang tidak menganggap serius teknologi tersebut karena secara harfiah sangat mustahil membangkitkan yang telah mati.

Akan tetapi ternyata penelitian perihal teknologi tersebut telah dikembangkan oleh para ilmuwan dan memberikan jawaban yang menakjubkan.

Para peneliti dari Yale School of Medicine melakukan percobaan membangkitkan otak babi yang telah mati, Hasilnya sekitar 32 otak babi di akui sudah mati berhasil bangkit kembali dan otak tersebut juga berfungsi dengan baik layaknya binatan normal loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *