3 Makanan Ini Berasal Dari Zaman Kerajaan Loh!

3 Makanan Ini Berasal Dari Zaman Kerajaan Loh!

Sebagai negara kepulauan terbesar didunia, Indonesia memiliki sejarah panjang di jaman dahulu, Salah satunya adalah banyaknya kerajaan-kerjaan kuno dimasa lalu.

Berbicara tentang kerajaan, Tentu tidak semua hal yang bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan dan kalangan bangsawan bisa diperoleh masyarakat biasa, Makanan misalnya.

Ya, Pada zaman kerajaan, Beberapa makanan dibawah ini ternyata hanya bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan dan kalangan bangsawan saja loh.

Apa saja itu?Berikut ini beberapa makanan yang dapat dinikmati oleh keluarga kerajaan dan kalangan bangsawan di zaman kerajaan.

Coto Makassar

3 Makanan Ini Berasal Dari Zaman Kerajaan Loh!

Coto Makassar sebenarnya mudah ditemukan saat ini dan bisa dinikmati oleh semua orang tanpa terkecuali. Namun tahukah kamu jika Coto Makassar sudah ada sejah zaman Kerajaan Gowa tahun 1500-an loh.

Berbeda dengan soto pada umumnya, Coto Makassar memiliki kuah yang lebih kental karena terbuat dari bahan kacang tanah. Coto Makassar asli juga dibuat dengan bahan dasar daging sapi, limpa sapi dan hati sapi.

Selain itu, Masakan satu ini juga terbuat dengan menggunakan sekitar 40 macam rempah-rempah dan juga jeruk nipis serta bawang goreng.

Naniura

3 Makanan Ini Berasal Dari Zaman Kerajaan Loh!

Naniura merupakan makanan khas batak yang terbut dari ikan mas yang direndam dengan air jeruk purut dan pada zaman dahulu ternyata hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan batak saja.

Makanan khas batak satu ini merupakan makanan yang cukup unik karena tidak dimasak dalam api sehingga membuat protein pada daging ikan tetap utuh.

Selain direndam dengan air jeruk purut, Naniura juga dibuat dengan bumbu khas batak yang terbuat dari 10 jenis bahan campuran.

Nasi Blawong

3 Makanan Ini Berasal Dari Zaman Kerajaan Loh!

Nasi Blawong merupakan makanan spesial bagi keluarga keraton Yogyakarta karena biasanya selalu disajikan pada ulang tahun sang raja. Bahkan sejak pemerintahan Sri Sultan Hamengkubowono I, Nasi Blawong sudah menjadi makanan favorit keluarga kerajaan.

Nasi Blawong pada dasarnya dibuat dengan berbagai rempah-rempah sehingga membuat warna nasi berubah warna menjadi kemerahan. Selain itu, Lauk yang umum disajikan berupa ayam goreng laos, peyek ikan teri, daging lombok kethok daj juga telor masak pindang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *