Nama Cemilan Nyeleneh Dari Indonesia

Mungkin banyak yang tahu bahwa banyak sekali jenis cemilan khas setiap daerah di indonesia kita tercinta ini, karena indonesia memiliki sangat banyak pulau dan daerah daerah yang terpisah pisah, setiap daerah pasti memiliki makanan khas nya sendiri dengan nama yang juga mereka berikan sendiri, belum tentu nama makanan yang ada kita tahu namanya akan sama denganĀ  di daerah lain.

sebab itu kita akan membahas sedikit nama cemilan cemilan yang mungkin artinya sedikit nyeleneh dan buat kita tersenyum senyum sendiri ketika ingin mengucapkannya saat membeli.

Yang pertama ada kue : TOLPIT, ini adalah singkatan dari KON**L KEJEPIT.

mengapa nama kue ini begitu nyeleneh dan sangat membuat kita ragu untuk mengucapkannya ketika kita akan membeli makanan ini.

ternyata nama kue ini di siasati dari bentuknya yang mirip seperti alat kelamin pria yang sedang di jepit, tapi jangan terkecoh dari namanya yang cukup nyeleneh ini, karena kue ini terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang manis dan digoreng dengan minyak panas di atas wajan besar, dan setelah matang kue ini akan dibentuk dengan sedikit ditekan agar memiliki bentuk yang khas, kue ini adalah salah satu cemilan khas daerah istimewa Yogyakarta.

selanjutnya ada salah satu makanan khas Aceh yang juga memiliki nama yang tidak kalah nyeleneh dari yang tadi yaitu ‘MEMEK’

ya makanan ini adalah salah satu menu yang hanya dapat and ajumpai di bulan ramadhan dan biasanya MEMEK ini disajikan menjadi menu berbuka puasa disana.

MEMEK disini adalah memiliki arti Mengunyah ngunyah atau menggigit, karena pada dasarnya MEMEK disini itu terbuat dari beras ketan yang di gongseng lalu dicampur dengan beberapa bahan.

cara membuat MEMEK cukup mudah, anda cukup menyiapkan bahan bahan sebagai berikut: Beras ketan yang sudah di gongseng, santan kelapa, pisang, gula dan garam, pertama tama anda memasukkan buah pisang kedalam satu wadah, lalu di tekan tekan agar sedikit hancur, tetapi jangan sampai halus menjadi bubur agar teksteur pisangnya tetap ada, setelah itu anda tinggal menuangkan santan dan menambahkan gula gara sesuai selera anda, lalu di bagian akhir adalah bintang utama dari cemilan ini yaitu Beras ketan yang sudah di gongseng dituangkan di atas campuran bahan bahan tersebut, dan MEMEK pun siap disantap saat anda berbuka puasa.

biasanya di Aceh, di jam berbuka puasa banyak orang orang yang berjualan takjil juga menjual cemilan MEMEK ini di wadah gelas plastik dengan harga hanya 5 ribu per porsinya, harga yang sangat terjangkau yah.

siapa yang sudah pernah mencoba MEMEK ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *