7 Khasiat Kebaikan Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang lumayan digemari selaku pengganti nasi. Tipe umbi- umbian ini gampang diolah jadi menu pembuka, utama, ataupun penutup yang pasti saja lezat. Tidak cuma lezat, Kamu dapat memperoleh bermacam isi kebaikan dari kentang. Lalu, apa saja khasiat kentang untuk kesehatan? Ikuti ulasannya di dasar ini.

Isi nutrisi dalam kentang

Tipe tumbuhan umbi- umbian ini mempunyai nama Latin Solanum tuberosum. Tumbuhan kentang awal mulanya berasal dari kawasan Amerika Selatan, kemudian menyebar nyaris ke segala dunia. Di Indonesia, kentang biasanya berkembang di kawasan dataran besar dengan hawa yang sejuk.

Kentang jadi salah satu sumber karbohidrat yang biasanya dijadikan pengganti nasi, tidak hanya dari singkong, ubi jalar, ataupun jagung. Umbi- umbian ini cenderung mempunyai cita rasa yang hambar, sehingga sesuai Kamu makan dalam bermacam wujud olahan.

Dikutip dari halaman Informasi Komposisi Pangan Indonesia( DKPI), per 100 gr kentang mempunyai isi nutrisi, antara lain:

Air: 83, 4 gram

Kalori: 62 kkal

Protein: 2, 1 gram

Lemak: 0, 2 gram

Karbohidrat: 13, 5 gram

Serat: 0, 5 gram

Kalsium: 63 miligram

Fosfor: 58 milligram

Zat besi: 0, 7 miligram

Natrium: 7, 0 miligram

Kalium: 396 miligram

Tembaga: 0, 4 mikrogram

Seng: 0, 3 mikrogram

Retinol( Vit. A): 0, 0 mikrogram

Beta karoten: 0, 0 mikrogram

Karoten Total: 0, 0 mikrogram

Thiamin( Vit. B1): 0, 09 miligram

Riboflavin( Vit. B2): 0, 10 miligram

Niacin( Vit. B3): 1, 0 miligram

Vit C: 21 miligram

Khasiat kentang yang dapat Kamu rasakan

Tidak hanya dari isi karbohidrat pastinya, kentang pula kaya hendak bermacam vit serta mineral berarti untuk kesehatan badan. Vit serta mineral tersebut, di antara lain kalsium, fosfor, kalium, sampai vit C.

Dari bermacam isi gizi yang dipunyai oleh umbi- umbian yang satu ini, berikut merupakan bermacam khasiat kesehatan dari kentang yang dapat Kamu rasakan.

1. Merendahkan resiko penyakit kronis

Kentang sangat kaya hendak senyawa flavonoid, karotenoid, serta asam fenolik. Bermacam senyawa ini berfungsi selaku antioksidan di dalam badan yang hendak menghindari radikal leluasa yang timbul serta dapat mengganggu sel badan Kamu.

Apalagi, tumpukkan radikal leluasa dalam jangka panjang diyakini selaku salah satu aspek faktor bermacam penyakit kronis, semacam penyakit jantung, diabet, sampai kanker.

Riset dalam harian Nutrition and Cancer pada tahun 2011 membuktikan kalau antioksidan dalam kentang bisa memencet perkembangan kanker hati serta usus besar. Hingga, buat merendahkan resiko seluruh penyakit tersebut, berarti buat komsumsi kentang.

2. Menolong mengatur kandungan gula darah

Banyak yang bilang jika kentang kurang baik untuk diabet, sementara itu kebalikannya, lho. Khasiat kentang yang lain merupakan menolong mengatur kandungan gula darah, sehingga sumber karbohidrat yang satu ini lumayan nyaman untuk pengidap diabet.

Kentang banyak memiliki pati— diucap pula pati resisten— yang tidak dapat diserap seluruhnya oleh badan. Kala pati resisten masuk ke dalam usus besar, perihal ini hendak jadi sumber nutrisi buat kuman baik dalam usus. Riset melaporkan kalau pati resisten bisa memaksimalkan kerja insulin— hormon pengendali gula darah.

Suatu riset dalam harian Medicine( Baltimore) pada tahun 2015 pula membuktikan kalau sehabis komsumsi santapan dengan pati resisten, gula darah teruji lebih normal pada pengidap diabet jenis 2.

Menariknya, isi pati resisten ini dapat ditingkatkan. Triknya Kamu lumayan menaruh kentang rebus di dalam lemari es semalaman, kemudian makan selagi dingin pada hari selanjutnya.

3. Melindungi kesehatan pencernaan

Isi pati resisten dalam kentang nyatanya pula dapat menolong membetulkan sistem pencernaan Kamu. Jadi dikala masuk ke dalam usus, pati resisten ini hendak dimakan oleh kuman baik. Kuman baik tersebut hendak mengganti pati jadi asam lemak rantai pendek.

Nah, asam lemak rantai pendek ini yang memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, contohnya bisa kurangi resiko infeksi di usus besar, menguatkan pertahanan usus besar, serta kurangi resiko kanker kolorektal( kanker usus besar).

Tidak hanya itu asam lemak rantai pendek yang bersumber dari pati resisten pula sangat berarti buat menolong pemulihan pengidap peradangan usus, semacam penyakit Crohn, ataupun divertikulitis.

4. Leluasa isi gluten

Isi zat dalam kentang pula leluasa gluten alias gluten gratis. Gluten merupakan tipe protein yang ditemui dalam biji- bijian, semacam biji gandum. Untuk orang yang hadapi permasalahan dalam komsumsi santapan memiliki gluten— semacam penyakit Celiac, Kamu dapat menjadikan kentang selaku alternatif yang pas.

Walaupun leluasa gluten, namun tidak seluruh formula santapan dari kentang betul- betul leluasa gluten. Sebagian hidangan kentang memiliki gluten, semacam dalam saus ataupun roti kentang.

Bila Kamu mempunyai penyakit Celiac ataupun keadaan sensitivitas gluten, yakinkan membaca catatan komposisi lengkap terlebih dulu. Dikala ini, sebagian santapan pula telah mempunyai label gluten gratis buat memudahkan Kamu.

5. Merendahkan tekanan darah

Khasiat kentang yang berarti yang lain merupakan menolong memantapkan tekanan darah. Perihal ini disebabkan kentang merupakan sumber kalium yang baik yang apalagi jumlahnya lebih banyak dibanding buah pisang.

Kalium merupakan mineral yang bisa menolong merendahkan tekanan darah. Mineral ini bekerja dengan memicu pembuluh darah buat melebarkan ukurannya. Tidak hanya itu, kentang pula memiliki kalsium serta magnesium yang pula mempunyai peranan berarti dalam mengatur tekanan darah wajar.

Periset dari Institute for Food Research sudah menciptakan kalau kentang memiliki bahan kimia yang diucap kukoamines yang berhubungan dengan penyusutan tekanan darah.

6. Tingkatkan guna saraf serta otak

Vit B6 dalam kentang sangat berarti buat melindungi kesehatan neuron ataupun saraf. Bagi University of Maryland Medical Center, isi vit B6 yang ada dalam kentang menolong menghasilkan bahan kimia otak, ialah serotonin, dopamin, serta noreprinefrin.

Ini maksudnya makan kentang bisa menolong Kamu menanggulangi tekanan pikiran, tekanan mental, sampai kendala kecemasan. Tidak hanya itu, kalium dalam kentang yang dapat mendesak pelebaran pembuluh darah pula menolong membenarkan otak lumayan memperoleh darah.

Tetapi apabila Kamu mempunyai kendala tersebut, hendaknya konsultasikanlah pada dokter ataupun psikolog buat memperoleh penindakan yang cocok.

7. Melindungi kesehatan jantung

Karotenoid dalam kentang menolong melindungi guna jantung dengan baik. Senyawa ini mempunyai khasiat selaku agen anti infeksi buat menghindari keadaan aterosklerosis ataupun penyumbatan bilik arteri jantung.

Isi vit C serta vit B6 pula menolong kurangi radikal leluasa pada sel jantung serta sel- sel badan yang lain. Vit B6 pula mempunyai peranan berarti dalam proses di dalam badan bernama metilasi.

Metilasi salah satu gunanya merupakan mengganti homosistein ataupun molekul beresiko jadi metionin, ialah struktur komponen baru dalam protein. Kenaikan kandungan homosistein dalam badan bisa mengganggu bilik pembuluh darah sehingga tingkatkan resiko terbentuknya serbuan jantung serta stroke.

Panduan nyaman menaruh serta komsumsi kentang

Kentang tidak cuma berguna, tetapi pula beresiko apabila metode penyimpanannya tidak pas. Kentang yang terserang paparan cahaya matahari langsung dapat menciptakan zat solanine. Solanine memunculkan rasa getir serta beracun apabila disantap dalam jumlah banyak.

Buat itu, Kamu butuh mengenali metode penyimpanan kentang yang cocok, ialah dengan ditaruh di tempat yang sejuk, kering, serta perputaran udaranya lumayan. Bila kentang telah dikupas, rendam dalam baskom berisi air buat menghindari munculnya pergantian warna.

Tidak hanya metode penyimpanan, langkah pengolahan kentang pula wajib dicermati. Sangat banyak makan kentang goreng dapat tingkatkan resiko penyakit, semacam serbuan jantung, diabet, sampai kendala ginjal.

Perihal ini sebab kentang goreng memiliki lebih banyak lemak trans serta lemak jenuh, dan kalori besar sama halnya semacam nasi. Dipanggang, ditumis, ataupun direbus dapat jadi alternatif metode pengolahan kentang buat diet yang menolong proses merendahkan berat tubuh.