3 Tanda Webcam Laptopmu Diretas Oleh Hacker

3 Tanda Webcam Laptopmu Diretas Oleh Hacker

Inovasi produsen teknologi dalam menempatkan adanya webcam pada produk laptop sebenarnya memiliki tujuan yang dapat bermanfaat bagi konsumen dari melakukan video call, membuat video hingga selfie.

Akan tetapi kecanggihan teknologi tersebut ternyata tidak hanya dapat bermanfaat bagi pengguna melainkan juga dapat mengancam si pengguna loh!

Ya, Salah satu ancaman yang paling ditakutkan oleh semua pengguna adalah ancaman peretasan oleh hacker yang ingin mengintai mereka untuk hal-hal tertentu seperti menjual video webcam si pengguna.

Nah, Untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Berikut ini beberapa tanda webcam laptopmu sedang di retas oleh hacker atau tidak.

Selalu Periksa Lampu Webcam

Saat menggunakan webcam, Salah satu tanda webcam sedang merekam dan aktif adalah lampu indikator disebelah webcam yang menyala (bisa berwarna biru, kuning, merah atau hijau).

Jika kamu menemukan lampu webcam menyala tanpa perintah dari kamu sendiri, Bisa jadi laptop kamu sedang diretas dan kamu tengah direkam oleh hacker atau oknum yang tak bertanggung jawab.

Karena jarang digunakan, Terkadang banyak orang yang tidak terlalu menghiraukan tanda indikator tersebut dan memilih acuh tak acuh padahal hal tersebut bisa merugikan loh.

Mengecek File Di Folder Webcam

Selain melihat indikator lampu webcam, Kamu juga wajib mengecek folder webcam jika secara tiba-tiba melihat adanya penambahan file pada folder tersebut.

Umumnya file yang berasal dari hacker memiliki ekstensi yang tidak dapat teridentifikasi seperti .xml, .exe dan lain sebagainya. Nah, Ketika kamu melihat adanya file seperti ini, Itu artinya ada orang yang meretas dan mengakses webcam serta foldermu.

Pesan Eror Ketika Menyalakan Webcam

Karena berniat untuk meretas pengguna, Hacker tidak akan mengizinkan pemilik laptop untuk mengakses webcam mereka. Umumnya para hacker tersebut akan dengan sengaja memunculkan pesan eror ketika pengguna membuka webcam.

Jika kamu menemukan tanda seperti ini, Langkah yang wajib kamu lakukan adalah masuk ke Task Manager untuk melihat semua aplikasi yang sedag berjalan dan menutup satu persatu aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *