Beberapa Hal Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Biasa Begadang

Semua orang dan tidak terkecuali satu pun pasti berharap bisa tidur dengan nyenyak selama delapan jam untuk setiap harinya. Tetapi tidak bisa dipungkiri untuk beberapa orang yang harus lembur bekerja dan tidak pernah akan mendapatkan kemewahan tersebut.

Namun dengan tindakan yang dilakukan tersebut bukanlah sebuah keputusan yang bijak. Begadang yang berlebihan akan berdampak besar pada kesehatan tubuh.

Dilansir dari media Bestlife, Ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika sering begadang, yaitu:

Tubuh Mudah Lapar

Bagi seseorang yang terbiasa terbangun hingga larut malam, seringkali sangat sulit untuk bisa menahan godaan untuk memakan sesuatu. Disisi lain, analisis yang dilakukan pada tahun 2016-2017 melalui studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition,

Mereka menerangkan bahwa orang tidak bisa beristirahat penuh dimalam hari, pasti akan merasa lapara dan memakan makanan rata-rata 385 kalori lebih banyak daripada tidur delapan jam.

Bertambahnya Berat Badan

Kalori dengan nilai ekstra yang dikonsumsi karena kurangnya tidur dapat menyebabkan berat bada bertambah dan akan mengalami obesitas dalam jangka waktu panjang.

Penelitian yang dilakukan tahun 2006 terhadap 68.000 wanita yang dirilis dalam media Amerian Journal of Epidemiology menyatakan bahwa mereka yang kurang tidur berat badannya akan bertambah 1.2kg lebih daripada yang cukup tidur tiap malam.

Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Saat tubuh kekurangan tidur dan hanya sedikit tidur, hal tersebut akan mengimbangkannya dengan mengeluarkan hormon stres dengan tingkat tinggi seperti kortisol yang memiliki fungsi agar anda harus tetap waspada.

Berdasarkan studi tahun 2010 yang dilansir dalam media Journal of Clinical Endocrinology dan Metabolism, hal tersebut dapat membuat anda kurang sensitif terhadap efek insulin.

Seiring berjalannya waktu, hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan glukosa dalam aliran darah ditubuh sehingga dapat menyebabkan resiko diabetes meningkat.

Kesehatan Jantung Terancam

Studi yang ditemukan pada 2010 terhadap kurangnya tidur dan masalah kesehatan jantung yang diterbitkan dalam jurnal Current Cardiology Reviews menyatakan bahwa dengan begadang dan kurangnya tidur dapat meningkatkan resiko hipertensi dan jantung koroner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *